Apa itu Presentasi dan Power Point?



Pengertian dari Presentasi dan Microsoft Power Point
Apa itu Presentasi?
Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan orang banyak dengan tujuan untuk menyampaikan pendapat, topik atau informasi. Presentasi juga merupakan salah satu bentuk komunikasi. Komunikasi presentasi dilakukan secara terpadu: lewat suara, gambar, dan bahasa tubuh.
Agar sebuah pesan dalam komunikasi bisa tersampaikan dengan baik, ada tiga komponen penting yang terkait:
  1. Pemberi pesan (komunikator)
  2. Media yang digunakan
  3. Penerima pesan (audiens)

            Apa itu Microsoft Power Point?
Microsoft Power Point merupakan salah satu media untuk menyampaikan presentasi yang dapat membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif dan profesional. Power Point dapat merupakan bagian dari keseluruhan presentasi maupun menjadi satu-satunya sarana penyampaian informasi. Microsoft Power Point dapat membantu dalam membuat sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan menjelaskan tujuan yang jelas bagi para pembaca. Power point juga dapat digunakan untuk memperindah presentasi.
PowerPoint sebagai pendukung presentasi misalnya adalah Power Point sebagai alat bantu visual dalam presentasi oral. Power Point dapat pula menjadi media utama penyampaian presentasi, misalnya pada presentasi produk/iklan mini, profil perusahaan, dan presentasi online. Presentasi semacam ini dapat disertai dengan narasi dan ilustrasi suara, musik, atau video yang dimainkan pada saat presentasi.

Tujuan Penggunaan Microsoft Power Point dalam Membuat Presentasi
          Meyakinkan
         Isi dalam presentasin haruslah berisi informasi-informasi dalam bentuk data dan bukti-bukti yang dapat memudahkan pemahaman pada orang lain. Bila adanya ketidakjelasan pada informasi dan penyusunan yang tidak logis, hal-hal ini akan mengurangi keyakinan orang atas presentasi yang diberikan.

                    Membujuk
         Presentasi yang baik berisi informasi, data, dan bukti-bukti yang disusun secara logis. Presentasi yang baik harus dapat meyakinkan orang lain supaya mereka menerima informasi tersebut dan bersifat membujuk atau merayu orang lain dengan data-data yang nyata agar orang melakukan suatu tindakan tanpa merasa ragu atau tidak yakin dari presentasi tersebut.

                      Menginspirasi
          Demi tercapainya tujuan dari presentasi maka seorang pempicara dalam presentasi tersebut harus bisa mengarahkan dan membimbing para pesertanya supaya dapat memahami dan melaksanakan apa yang telah disampaikan. Selain itu pembicara-pun harus dapat memberikan motivasi pada para peserta. Selain itu pembicara juga harus dapat memberikan inspirasi supaya para peserta menjadi bersemangat dalam melakukan kegiatan yang disampaikannya pada presentasi tersebut.
                                                               
           Menghibur
            Presentasi yang berusahan untuk memberi kesenangan pada orang melalui informasi yang diberikan.

            Membuat suatu ide ataupun gagasan
Tujuan lainnya dari presentasi tentunya untuk membuat ide ataupun gagasan. Tujuannya biasanya diterapkan pada organisasi yang sedang mengalami suatu masalah yang sulit untuk dicarikan solusinya, sehingga membutuhkan pendapat dari orang lain untuk mencari solusi. Sering sekali kita dengar adanya istilah rapat atau organisasi yang nantinya akan mengundang peserta yang dianggap penting agar dapat memberikan solusi untuk memecahkan masalah tersebut.



            Daftar Pustaka
http://www.komunikasipraktis.com/2014/09/teknik-presentasi-pengertian-dan-tujuan.html 

0 komentar:

Posting Komentar