No.
|
Andragogi
|
Pedagogi
|
1.
|
Pembelajar disebut
“peserta didik”/ “warga didik”
|
Pembelajar disebut
“siswa”/ “naka didik”
|
2.
|
Gaya belajar
independen
|
Gaya belajar
dependen
|
3.
|
Tujuan
fleksibel
|
Tujuan
ditentukan sebelumnya
|
4.
|
Metode
pelatihan aktif
|
Metode
pelatihan pasif, seperti metode ceramah
|
5.
|
Pembelajaran
mengontrol waktu dan kecepatan
|
Guru
mengontrol waktu dan kecepatan
|
6.
|
Berpusat
pada masalah kehidupan nyata
|
Berpusat
pada isu dan pengetahuan teoritis
|
7.
|
Keterlibatan
dan kontribusi peserta sangat penting
|
Peserta
berkontribusi sedikit pada pengalaman
|
8.
|
Diasumsikan
peserta didik memiliki pengalaman untuk berkontribusi
|
Diasumsikan
siswa tidak berpengalaman dan kurang informasi
|
9.
|
Peserta
dianggap sebagai sumberdaya utama untuk ide-ide dan contoh-contoh
|
Guru
sebagai sumber utama yang memberikan ide-ide dan contoh
|
Malcolm S. Knowles secara lebih rinci menyajikan
asumsi dan proses pedadogi untuk dibedakan dengan andragogi.
No.
|
|
Asumsi
Pedagogi
|
Asumsi
Andragogi
|
1.
|
Konsep
Diri
|
Ketergangguan
|
Kemandirian
|
2.
|
Pengalaman
|
Berharga
Kecil
|
Pelajar
sumber daya yang kaya untuk belajar
|
3.
|
Kesiapan
|
Tugas
perkembangan: tekanan sosial
|
Tugas
perkembangan: peran sosial
|
4.
|
Perspektif
waktu
|
Aplikasi
ditunda
|
Kecepatan
aplikasi
|
5.
|
Orientasi
untuk Belajar
|
Berpusat
pada substansi mata pelajaran
|
Berpusat
pada masalah
|
6.
|
Iklim
Belajar
|
Berorientasi
otoritas, resmi dan kompetetif.
|
Mutualitas,
kolaborasi, rasa hormat dan informal.
|
7.
|
Perencanaan
|
Oleh
guru
|
Reksa(mutual)
diagnosis diri
|
8.
|
Perumusan
Tujuan
|
Oleh
guru
|
Reksa
negosiasi
|
9.
|
Desain
|
Logika
materi pelajaran, unit konten
|
Diurutkan
dalam hal kesiapan unit masalah
|
10.
|
Kegiatan
|
Teknik
pelayanan
|
Teknik
pengalaman/penyelidikan
|
11.
|
Evaluasi
|
Oleh
guru
|
Reksa
diagnosis-kebuthan dan reksa program pengukuran
|
0 komentar:
Posting Komentar